Cara Mudah Atasi Tautan atau Link Blog yang di Blokir Facebook [ FB ]

Alphra87, Tentang URL yang diblokir pihak FB - Sebenarnya sudah dari dulu pihak Facebook memblokir tautan yang mencurigakan atau berbahaya, jadi kita tidak boleh sembarangan dalam share link Website atau Blog.

Cara memulihkan link yang diblokir fb

Tidak semua Link yang ada di Facebook itu aman, karena ada beberapa orang yang membagikan Link yang berbahaya seperti link Phising.

Mengenal lebih jauh apa itu Phishing

Phishing artinya adalah saat seseorang yang ingin mencoba untuk mengakses akun kamu dengan cara mengirimkan Link entah itu di Grup, Beranda dan Pesan pribadi yang bertujuan untuk memancing kamu agar menge-klik link tersebut dan memasukan informasi pribadi kamu termasuk Alamat email dan Kata sandi.

Jika si tukang phishing mendapatkan data yang bersifat sensitif seperti kata sandi akun kamu maka si tukang phishing bakal bisa mengakses akun kamu dan mungkin bisa jadi akun kamu akan digunakan untuk hal-hal negatif. Baca Cara mengambil kembali akun FB yang terkena Phising.

Untuk memeriksa Link yang berbahaya, Alphra87 ada beberapa Tips antara lain:

Facebook juga mempunyai sistem yang memeriksa link dan kemudian Facebook memberitahukan kepada pengguna bahwa tautan yang dilihat tersebut aman.

Ciri-ciri Link yang aman:


  • Jika URL tersebut aman, akan ada tanda gembok berwarna hijau di atas halaman yang dikunjungi.

  • Koneksi antara perangkat Kamu dan situs web yang sedang Kamu kunjungi akan aman. Hal ini berarti teknologi Layer Soket Aman (SSL) biasanya ditandai dengan halaman yang menggunakan HTTPS di depan nama URL agar mengenkripsi koneksi Kamu untuk melindungi informasi sensitif apa pun yang mungkin Kamu masukkan pada layar, seperti kata sandi dan nomor kartu kredit kamu.


Ciri-ciri Link yang tidak aman:


  • Kamu akan melihat alamat URL berwarna abu-abu di atas halaman dan tanpa simbol pada halaman yang dibuka.

  • Kamu akan dapat melihat tautan, tetapi koneksi antara perangkat Anda dan situs web yang sedang Kamu buka tidak aman. Hal ini berarti segala informasi sensitif yang Kamu masukkan ke Formulir, seperti kata sandi atau nomor kartu kredit Anda, tidak akan dienkripsi.


Ciri-ciri Link yang mencurigakan:


  • Kamu akan melihat pemberitahuan disebelah alamat URL yang berwarna merah di atas situs yang dibuka dengan logo segitiga berwarna merah.

  • Kamu mungkin juga melihat layar peringatan berwarna merah atau abu-abu yang memberitahukan bahwa situs web tersebut terlihat mencurigakan, memiliki masalah konfigurasi, atau menyebarkan perangkat lunak jahat atau Virus dan mungkin tidak akan aman untuk dikunjungi. Alphra87 menyarankan agar Kamu tidak mengunjungi halaman dengan layar peringatan berwarna merah dan Kamu juga perlu berhati-hati ketika mengunjungi halaman dengan layar peringatan abu-abu.


Jika Kamu diblokir tetapi masih tetap ingin mengunjungi situs web tersebut, ketuk Lihat Rincian > Tetap Lanjutkan.

Dan jika kamu ingin melaporkan Link yang mencurigakan di Facebook, Baca cara melaporkan Link yang dibagikan orang lain agar di blokir pihak FB.

Atau kamu menjadi korban pelaporan Link yang kamu bagikan sehingga Link Blog/Website kamu di blokir pihak Facebook ikuti langkah berikut agar bisa dibagikan kembali.
1. Buka pemberitahuan yang menjelaskan bahwa link yang kamu bagikan melanggar standar komunitas Facebook.

2. Klik Minta Tinjauan > Lanjutkan.

3. Jelaskan bahwa Link yang kamu bagikan tersebut adalah link yang aman > Kirim.

Akhir kata

Jika cara agar link yang diblokir pihak FB dapat dibagikan kembali ini tidak berhasil maka Alphra87 sarankan untuk mengganti alamat URL Blog/Website kamu. kalau ada pertanyaan bisa sampaikan lewat kolom komentar dibawah, sekian tq.