Tips: Supaya Grup Facebook Tidak Mudah Dinonaktifkan Pihak FB

Jika kamu seorang Admin ataupun Moderator Grup di Facebook, maka tips ini dapat menjadi pengetahuan untukmu agar Grup yang kamu miliki tidak dihapus atau dibanned Tim Facebook.

Tips: Supaya Grup Facebook Tidak Mudah Dinonaktifkan Pihak FB

Pada kejadian beberapa bulan yang lalu, ada beberapa Grup FB yang tiba-tiba hilang, tetapi beberapa jam kemudian Grup tersebut dapat kembali dibuka. Ternyata, Grup FB terkait dinonaktifkan sementara oleh pihak Facebook, untungnya si Admin Grup segera bertindak untuk mengaktifkannya kembali, mungin jika tidak melakukan hal demikian, Grup tersebut sudah hangus.

Jika kamu tidak ingin mengalami hal tersebut pada Grup Facebookmu, maka ketahuilah dahulu beberapa penyebab Grup Facebook dinonaktifkan pihak FB, berikut ini.

Penyebab Grup Facebook Dinonaktifkan/hangus

1. Terdapat kiriman yang mengandung unsur sara, rasis dan kekerasan dari member/anggota maupun Admin Grup
2. Grup digunakan untuk jual beli obat-obatan terlarang, senjata ataupun organ tubuh
3. Terdapat kiriman/postingan dalam bentuk foto atau video yang didalamnya menunjukan orang kecelakaan dan juga p*rnografi
4. Di Report/Laporkan oleh orang iseng yang tidak bertanggung jawab

Dari 4 penyebab dinonaktifkannya Grup Facebook diatas, kesimpulannya yaitu Grup Facebook harus sesuai dengan standar komunitas dan kebijakan Facebook.

Jadi, supaya Grup Facebook aman dan tidak mudah hangus, kamu perlu mengetahui beberapa tips berikut ini.

Cara agar Grup Facebook tidak mudah dinonaktifkan (Kebal Report)


1. Buat Grup Facebook yang mematuhi standar komunitas

Jika Grup yang kamu miliki tidak melanggar standar komunitas Facebook, maka dapat dipastikan Grup Facebook akan aman dan terhindar dari banned.

2. Lakukan moderasi Kiriman

Admin dapat menggunakan fitur ini dengan mengaktifkannya pada Pengaturan Grup. Moderasi kiriman memungkinkan Admin dan moderator grup untuk meninjau kiriman dari angotanya sebelum kiriman tersebut muncul pada beranda grup.

3. Nama dan deskripsi Grup sesuai dengan kiriman atau postingan di Grup tersebut

Memang hal ini tidak terlalu berpengaruh, tetapi akan lebih baik menggunakan nama grup yang sesuai dengan apa yang dibahas pada grup tersebut. Hal ini juga dapat menambah atau memperbanyak anggota grup, karena sebagian pengguna Facebook lebih menyukai Grup yang membahas satu topik.

4. Admin dan Moderator sering aktif

Dengan aktifnya Admin ataupun moderator memantau grup, maka komentar ataupun kiriman yang tidak wajar atau tidak pantas dapat segera dihapus untuk menghindari terjadinya banned pada grup tersebut.

5. Perintahkan anggota grup untuk menyempatkan melaporkan kiriman/postingan kepada Admin

Pada grup Facebook tersedia fitur untuk melaporkan kiriman anggotanya kepada Admin, manfaatkan fitur ini untuk menjaga grup agar tidak mudah dinonaktifkan.

Demikianlah tips yang dapat kami berikan mengenai cara agar grup FB tidak mudah dinonaktifkan, mudah-mudahan bermanfaat.