Inilah 5 Kerugian Resiko Bahaya Menggunakan VPN Gratis - ALPHRA87

Inilah 5 Kerugian Resiko Bahaya Menggunakan VPN Gratis

Dampak baik dan buruk memakai VPN - Pada bulan mei 2019, banyak sekali pengguna sosial media Whatsapp, Instagram dan Facebook tiba-tiba mencari Aplikasi Android yang bernama VPN.

Inilah 5 Kerugian Resiko Bahaya Menggunakan VPN Gratis

Kenapa Netizen membicarakan soal VPN dan apa itu VPN ?

Seperti yang sudah dibahas pada paragraf pertama, Instagram dan Whatsapp tidak dapat digunakan untuk melakukan upload gambar dan video ataupun biasa disebut Story / Snap.

Itu terjadi karena pembatasan akses oleh KOMINFO untuk meminimalisir terjadinya penyebaran berita hoax.

Lalu, apa hubungannya VPN dengan pembatasan akses sosial media?

Jika menggunakan Aplikasi VPN, kita dapat mengakses sosial media secara penuh tanpa kendala pembatasan akses.

Karena VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, yaitu memperluas jaringan pribadi hingga ke jaringan publik, dan memberikan kemampuan bagi pengguna untuk mengirimkan dan menerima data sepanjang jaringan publik atau jaringan bersama seakan-akan komputer pengguna tersebut berhubungan dalam jaringan pribadi.

Aplikasi yang berjalan melintasi VPN dapat memanfaatkan fungsi, keamanan, dan manajemen jaringan pribadi. VPN juga ada yang gratis dan berbayar lho.

Adakah dampak negatif jika kita menggunakan VPN Gratisan?

Untuk soal dampak negatifnya menggunakan VPN, ada beberapa kerugian antara lain:

1. Melacak aktifitas kamu di Internet
VPN gratis dapat merekam dan melacak semua konten, alamat IP, ke situs yang Kamu kunjungi, dan aktivitas lainnya. Selain masalah keamanan privasi, biasanya VPN gratis memiliki kecepatan jelajah yang lambat, koneksi yang tidak stabil, batas penggunaan data, dan enkripsi yang lemah.

2. Penjualan informasi data penggunanya
Ada bahaya menunggu Kamu ketika menggunakan VPN gratiss, yang merupakan risiko menjual data secara ilegal. Bagi Kamu pengguna VPN berbayar, Kamu tidak perlu khawatir tentang masalah penjualan data ini karena penyedia VPN berbayar umumnya memiliki aturan dan jaminan yang ketat tetapi untuk pengguna VPN gratis, itu tidak berlaku.

3. Kebocoran data dan IP Address
Bahaya lain yang juga dapat timbul karena menggunakan VPN adalah bocornya data dan IP Kamu ke publik. VPN berfungsi seperti terowongan tempat koneksi Kamu melewati jalur 'rahasia' untuk sampai ke tujuan, internet.
Tetapi, untuk beberapa penyedia layanan VPN gratis, jalur rahasia yang digunakan memiliki banyak 'lubang' sehingga ada kemungkinan bahwa data dan alamat IP Kamu dapat bocor ke publik melalui 'lubang'.

4. Pengalihan iklan pada situs website
Sebenarnya ini masih terkait dengan inspeksi adware di komputer atau Android kita. Ketika adware masuk melalui jaringan server VPN, ketika kami membuka situs web, iklan kadang-kadang akan muncul yang diinginkan oleh pemilik adware. Ini mungkin tidak menyakiti Kamu tetapi kadang-kadang dapat membebani sistem komputer multimedia Kamu.

Selain terinfeksi virus, terkadang juga disuntikkan langsung melalui server VPN gratis. Iklan yang muncul adalah mitra penyedia VPN. Ini juga mungkin tersedia di akun server VPN premium. Ini adalah trik bagi penyedia VPN untuk mendapatkan uang melalui layanan VPN gratis.

5. Penyebaran Malware
Malvertising adalah proses mendistribusikan Malware ke perangkat komputer atau Android yang menggunakan server VPN gratis. Ini adalah cara yang efektif bagi penyedia layanan VPN gratis untuk mengirim file Malware melalui koneksi internet. Masalah ini telah diperiksa dalam studi CSIRO tentang server VPN gratis, serta beberapa artikel yang diterbitkan di WIRED.

Malversting adalah masalah yang sangat besar di dunia VPN gratis. Di mana saat Kamu mengakses situs web melalui VPN, secara tidak sadar Kamu telah menemukan virus atau malware di komputer Kamu. Perangkat lunak perusak memiliki semua masalah utama dalam jaringan internet. Beberapa perangkat lunak yang merusak dapat masuk melalui jaringan server VPN seperti virus komputer, Trojan, worm, adware, dan spyware. Perangkat lunak yang merusak ini dapat diinstal secara otomatis dan melewati firewall melalui jaringan VPN.

Diantara banyak resiko menggunakan VPN, ada juga lho keuntungan memakai VPN.

Apa saja keuntungan menggunakan VPN?

Tidak hanya dampak negatif saja yang Alphra87 bahas tetapi juga keuntungannya memakai VPN, antara lain:

1. Alamat IP Tidak diketahui secara Publik
Pengguna VPN dapat mengakses internet dengan anonimitas lengkap saat menggunakan hotspot Wi-Fi publik atau saat menggunakan koneksi nirkabel 3G. Layanan VPN memungkinkan aplikasi mengakses dunia sepenuhnya dengan cara anonim / tersembunyi.

2. Peningkatan Keselamatan dan Keamanan
Saat Kamu terhubung ke internet melalui VPN, data dienkripsi dengan benar dan aman. Pengguna kata sandi email web atau info masuk bank tidak akan diretas oleh sniffer internet bahkan jika Kamu menggunakan nirkabel terbuka di Starbucks atau di kamar hotel.

3. Membuka situs yang diblokir pemerintah & Bypass filter web
VPN adalah cara terbaik untuk mengakses beberapa situs video ANU yang telah diblokir pemerintah setempat. Juga di banyak bidang, VPN adalah cara paling sederhana dan paling efisien untuk membuka blokir sensor internet dan memberi pengguna akses ke sumber informasi internet gratis secara luas.

Kok bisa gitu ya? sebenarnya bagaimana sih cara kerja VPN ini?

Cara kerja VPN

Seperti ini cara kerja VPN sehingga bisa kita gunakan untuk membuka situs yang diblokir
  • VPN membutuhkan server yang berfungsi sebagai penghubung antara PC, Server VPN. Dan ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau Router.
  • VPN mendukung banyak protokol jaringan seperti PPTP, L2TP, IPSec dan SOCKS. Protokol-protokol ini membantu jaringan VPN untuk memproses otentikasi.
  • Klien VPN dapat membuat koneksi dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi titik akses ke jaringan.
  • VPN menggunakan teknologi enkripsi yang akan meningkatkan fitur keamanan.
Sebenarnya VPN yang terbaik adalah VPN Premium atau berbayar karena itu lebih terjamin keamanannya dibanding VPN gratisan yang dapat dengan mudah kita download di Play Store atau situs download aplikasi VPN gratis lainnya.

Tetaplah berhati-hati menggunakan Internet dan jangan menyalahgunakan untuk hal-hal negatif, karena pasti banyak resiko yang akan kamu dapat jika melakukan hal negatif apapun itu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel