Cara Mudah Menjalankan Script PHP di HP Android


Android merupkan salah satu Platform Smartphone terkenal saat ini. Selain Open Source, banyak fitur yang terdapat dalam Android yang membuatnya semakin eksis didunia digital. Android sangat multi guna, maka tidak jarang kita melihat banyak orang disekitar kita menggunakan Smartphone jenis ini.

Dari sekian banyak fitur yang ada pada Smartphone Android, salah satu fitur yang cukup menarik adalah menjalankan script/file PHP secara langsung dari Smartphone. Tentunya dengan bantuan Aplikasi yang bernama PHPRunner

PHPRunner merupakan Aplikasi Android yang mampu membantu kita untuk menjalankan PHP dari Smartphone Android.



Salah satu keuntungan menggunakan Aplikasi ini di Smartphone Android adalah:
  • Karena digunakan pada Smartphone, tentu saja kita dapat menjalankan Aplikasi Android dimana saja dan kapan saja, selama smartphone normal.
  • Aplikasi bisa dijalankan secara Online maupun Offline.
  • Sudah satu paket dengan MySQL dan phpMyAdmin.

Instal Aplikasi PHPRunner

Menginstal Aplikasi PHPRunner sangatlah mudah dan sebenarnya tidak perlu membaca tutorialpun pasti bisa.

Namun berhubung Aplikasi ini tidak dapat ditemukan lagi di Play store/Google play, jadi Anda bisa langsung mengunduhnya di ApkPure.

Setelah selesai diunduh install Aplikasi tersebut, jika proses instalasi berhasil buka Aplikasi PHPRunner di Smartphone Anda. 

Memulai PHPRunner

Sejauh ini PHPRunner dapat dijalankan di Smartphone Android. Untuk menjalankan PHP di Aplikasi ini, silakan klik tombol `Start` dibagian paling atas dan klik `Site editor` untuk mengunjungi URL Home Page. Anda bisa lihat pada Address bar tertulis alamat Home page yaitu http://localhost:8080.
Home Page
Catatan: URL http://localhost:8080 bisa diakses melalui browser bawaan selama PHPRunner masih dalam kondisi `Start`.

Download phpMyAdmin

phpMyAdmin merupakan software yang berguna untuk mengatur database MySQL dengan mudah.

Kembali ke Halaman utama PHPRunner. Di Halaman tersebut terdapat tulisan seperti user MySQL, host, password dan database name. Tulisan tersebut merupakan data untuk melakukan koneksi ke database MySQL. Namun, untuk masuk ke database MySQL diperlukan software khusus yang bernama phpMyAdmin. Untuk mendapatkan software ini bisa dimulai dengan menekan tombol `Download PHPMyAdmin` untuk mengunduhnya.
Home Page PR


Jika selesai diunduh, jalankan phpMyAdmin dengan menekan tombol `Run PHPMyAdmin` atau masuk ke Site editor lalu kunjungi alamat http://localhost:8080/phpmyadmin dan lakukan login dengan cara memasukan username root dan biarkan password kosong.
PMA


Sejauh ini Proses instalasi telah sukses. Namun, bagaimanakah cara membuat file PHP? Caranya mudah, cukup buat file PHP seperti biasa, namun letakan file PHP tersebut pada folder htdocs di kartu memori Smartphone Anda.

Menghubungkan PHP ke MySQL pada PHPRunner

Menghubungkan PHP ke MySQL di PHPRunner tidaklah berbeda jauh dengan cara pada umumnya, pertama buat sebuah File PHP (bisa menggunakan Aplikasi `920 Text Editor` atau sejenisnya) masukan script berikut. 
 
 <?php 
$db_host = "127.0.01"; 
$db_user = "root"; 
$db_password = ""; //Biarkan kosong 
$db_name = "mysql"; 
 
$mysqli = new mysqli($db_host, $db_user, $db_password, $db_name); 
 
if($mysqli->connect_error){ 
die("Koneksi gagal: $mysqli->connect_errno"); 
} 
 
echo "Koneksi berhasil!"; 
?> 
 

Masukan data-data koneksi MySQL sesuai dengan yang tertulis di Halaman utama PHPRunner, simpan script diatas dalam ekstensi .php, misalnya koneksi.php dan jangan lupa simpannya didalam folder `htdocs` pada kartu memori smartphone. Jalankan file tadi dengan mengunjugi http://localhost:8080/koneksi.php pada `Site editor`.

Menutup/Mengakhiri PHPRunner

PR Stop

Untuk menutup Aplikasi PHPRunner, Cukup memberhentikan Aplikasi tersebut dengan cara menekan tombol `Stop`, Pada Halaman utama PHPRunner dan kemudian Aplikasipun bisa langsung dikeluarkan.

Itulah cara untuk menjalankan PHP di Android dengan mudah.