Mau berhenti merokok??? simak tips berikut ini..



ALPHRA87 - Cara Berhenti Merokok Jadi Anda siap menghentikan kebiasaan itu. Itu keren! Membuat komitmen itu adalah setengah pertempuran. Itu tidak akan mudah. Tetapi memilih cara terbaik untuk berhenti adalah langkah pertama yang baik untuk memastikan Anda mematuhinya.

Miliki Rencana Seperti yang Anda ketahui, ada banyak cara untuk berhenti merokok. Beberapa bekerja lebih baik daripada yang lain. Rencana terbaik adalah yang bisa Anda pakai. Pertimbangkan yang mana yang mungkin cocok untuk Anda:
• Kalkun dingin (tidak ada bantuan dari luar). Sekitar 90% orang yang mencoba berhenti merokok melakukannya tanpa dukungan dari luar - tidak ada bantuan, terapi, atau obat-obatan. Meskipun kebanyakan orang mencoba berhenti dengan cara ini, itu bukan metode yang paling sukses.
Hanya sekitar 5% hingga 7% yang dapat berhenti sendiri.
• Terapi perilaku. Ini melibatkan bekerja dengan seorang konselor untuk menemukan cara untuk tidak merokok. Bersama-sama, Anda akan menemukan pemicu Anda (seperti emosi atau situasi yang membuat Anda ingin merokok) dan membuat rencana untuk melewati hasrat.
• Terapi penggantian nikotin. Ada beberapa jenis, termasuk permen nikotin, tambalan, inhaler, semprotan, dan pelega tenggorokan. Mereka bekerja dengan memberi Anda nikotin tanpa menggunakan tembakau. Anda mungkin lebih mungkin berhenti menggunakan terapi pengganti nikotin, tetapi ini berfungsi paling baik ketika Anda menggunakannya dengan terapi perilaku dan banyak dukungan dari teman dan keluarga. Dan ingat bahwa tujuannya adalah untuk mengakhiri kecanduan Anda terhadap nikotin, bukan hanya berhenti menggunakan tembakau.
• Obat. Bupropion dan varenicline (Chantix) adalah obat-obatan resep yang dapat membantu Anda mengidam dan mengundurkan diri.
• Perawatan kombinasi. Anda mungkin lebih mungkin berhenti untuk selamanya jika Anda menggunakan campuran berbagai metode. Misalnya, menggunakan patch nikotin dan permen karet mungkin lebih baik daripada patch saja. Kombinasi bermanfaat lainnya termasuk terapi perilaku dan terapi penggantian nikotin; obat resep dengan patch terapi pengganti nikotin; dan patch terapi pengganti nikotin dan semprotan nikotin. FDA belum menyetujui penggunaan dua jenis terapi penggantian nikotin pada saat yang sama, jadi pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu untuk melihat apakah ini adalah pendekatan yang tepat untuk Anda. Tidak peduli metode apa yang Anda pilih, bagian penting dari berhenti adalah untuk membangun rencana yang cocok untuk Anda.
Pilih tanggal berhenti yang memberi Anda waktu untuk mempersiapkan tanpa kehilangan motivasi Anda. Beritahu teman dan keluarga bahwa Anda berhenti. Singkirkan semua rokok dan asbak dari rumah, kantor, dan mobil Anda. Cari tahu pemicu merokok Anda, dan putuskan bagaimana Anda akan menghadapinya.
• Bagaimana Tetap di Jalurnya Akan ada hari-hari ketika semua yang ingin Anda lakukan adalah menyerah pada keinginan Anda. Jangan lakukan itu. Berhenti akan menjadi hal terbaik yang pernah Anda lakukan untuk diri sendiri, tetapi Anda harus tetap dengan rencana Anda.
Ikuti langkah-langkah ini untuk tetap berada di jalur menuju kehidupan bebas rokok:
1. Ketahui pemicu Anda dan hindari mereka sejak dini. Tuliskan hal-hal yang membuat Anda ingin meraih rokok dan bagaimana Anda dapat mengelola setiap situasi. Dan hindari orang, tempat, atau rutinitas yang biasanya membuat Anda ingin merokok, terutama selama 3 bulan pertama. Ini adalah ketika Anda kemungkinan besar untuk mulai merokok lagi.
2. Ketahui bahwa beberapa hari pertama adalah yang terberat. Anda mungkin akan merasa kesal, depresi, lamban, dan lelah, terutama jika Anda berhenti menggunakan kalkun dingin. Minta kelompok pendukung berhenti merokok tersedia. Ini bisa menjadi teman baik atau garis berhenti yang dapat Anda hubungi. Setelah melewati hari-hari pertama, Anda akan mulai merasa lebih normal (meskipun Anda masih mengidam rokok).
3. Jangan menyerah pada keinginan Anda. Setiap kali Anda tidak merokok ketika Anda memiliki keinginan, peluang Anda untuk berhenti naik. Ubah kebiasaan Anda - ganti dorongan untuk merokok di mulut atau tangan Anda dengan sesuatu yang lain, seperti mengunyah permen karet atau bermain game di telepon Anda.
4. Coba hobi baru dengan teman-teman yang tidak merokok. Lakukan sesuatu yang membuat tangan Anda aktif dan mengurangi stres, seperti berjalan-jalan dengan anjing Anda. Ini akan membuat kesuksesan lebih mungkin.
Src: webmd .com